Rabu, 02 November 2011

Sumber Pembelajaran

Sumber pembelajaran adalah berbagai atau semua sumber baik yang berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya yang berupa perangkat lunak (software).

Sumber pembelajaran dapat dibedakan menjadi 2 kategori:

a. Sumber belajar yang dirancang, yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk tujuan intruksional. Oleh karena itu dasar rancangannya adalah isi, tujuan kurikulum dan ciri-ciri sisw tertentu. Sumber jenis ini sering disebut bahan intruksional. Contoh adalah bahan pelajaran terprogram, modul, slide, guru, film, vidoe, komputer intruksional, da lainnya.

b. Sumber belajar yang muda tersedia, sehingga tinggal memanfaatkan. Yaitu sumber belajar yang telah ada untuk maksud non intruksional, tetapi dapat dimanfaatkan sebagai sumber yang kualitasnya setingkat dengan sumber jenis by design. Contohnya : safari garden, kebun raya, taman nasional, musium, dan sebagainya.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran (hardware) diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar.

Secara implisit media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang terdiri dari buku, recorder, video, film, slide, gambar, komputer dan lain-lain. Dengan kata lain media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yan menagndung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

Dalam media pembelajaran terdapat dua unsur yang terkandung , yaitu (a) pesan atau bahan pengajaran yang akan disampaikan atau perangkat lunak, dan (b) alat penampil atau perangkat keras.

Alat Pembelajaran

Jika media selalu mengandung pesan atau isi pelajaran di dalamnya, tidaklah demikian halnya dengan alat pembelajaran. Di dalam alat pembelajaran (hadrware) tidak terkandung pesan atau isi atau bahan pelajaran, tapi peranannya sangat penting sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Dalam pelajaran tentang kuman misalnya, bantuan mikroskop sebagai alat pembelajaran yang sangat penting. Demikian pula dalam pelajaran menggambar, penggaris atau kuas berfungsi sebagai alat pelajaran yang sering digunakan.

Alat pembelajaran dapat dikelompokkan dalam 2 jenis, alat pembelajaran yang bersifat umum dan bersifat khusus:

a. Bersifat umum

Yang dimaksud dengan jenis ini adalah alat-alat yang penggunaannya berlaku untuk semua mata pelajaran seperti papan tulis, kapur, spidol, dan penggaris.

b. Bersifat khusus

Yang dimaksudkan dengan jenis ini ialah alat-alat pembelajaran yang penggunaannya berlaku khusus untuk mata pelajaran tertentu, seperti:

Ø Mikroskop, untuk IPA

Ø Jangka, untuk matematika

Ø Kuas, untuk menggambar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar